5 Mitos Mengenai Batu Akik

By 1:27 AM ,

Demam batu akik di indonesia masih belum hilang sampai saat ini, sudah bukan rahasia umum lagi, bahkan para pejabatpun banyak yang mendapat hadiah batu akik. Fenomena demam batu akik ini nampaknya masih berlangsung lama, dikarenakan masih banyaknya permintaan pasar dan minat para masyarakat indonesia.

beberapa jenis batu akik
Beberapa Jenis Batu Akik
Sebenarnya tren batu akik sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Di awali dengan penemuan batu akik pertama di Sisilia yang kemudian berkembang ke seluruh dunia. Di balik coraknya yang beragam, batu akik juga dipercaya memiliki daya magis yang tidak bisa diterima oleh nalar, berikut 10 mitos aneh dan unik mengenai batu akik.

1. Dipercaya Memberikan Keramahan, Kejujuran dan Pengetahuan Luas.
Batu akik menjadi batu permata kuno yang paling berharga dan yang paling pertama dikenal oleh manusia sebelum mereka mengenal emas dan berlian seperti sekarang. Ini dikarenakan jenis batu mulia ini sangat keras dengan motif yang menarik dan berwarna-warni.
Pada zaman dahulu, siapa saja yang mengenakan batu akik diyakini bisa membuat pemakainya menjadi ramah, jujur dan berpengetahuan luas. Singkatnya, batu akik memiliki daya magis yang dapat memperluas perspektif kehidupan.

2. Dipercaya Sebagai Penolak Bala.
Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang lain daerah lain pula mitos yang berkembang mengenai kemampuan batu akik. Sebagai contoh dalam budaya Persia, batu akik dianggap memiliki kekuatan untuk mencegah badai.
Orang Persia percaya bahwa batu akik memiliki kekauatan sebagai pelindung termasuk melindungi mereka dari amukan badai. Selain itu mereka juga percaya jika batu akik bisa meringankan pemakainya dari rasa haus. Di belahan dunia lain juga menganggap jika batu akik adalah batu permata yang protektif.

3. Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit.
Bukan hanya pada zaman dahulu saja yang menyakini bahwa batu akik menyimpan energi yang bisa memberikan berbagai manfaat termasuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hingga kini pun kepercayaan akan daya magis sebuah batu akik masih terjaga dengan baik.
Batu akik yang sebenarnya adalah batuan alam yang memiliki corak berwarna-warni ini diasosiasikan dengan kemampuan menyembuhkan. Gangguan seperti insomnia, alergi, penyakit kulit, dan stres adalah beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan memakai batu akik. Selain itu masih banyak lagi penyakit yang konon bisa sembuh lantaran memakai batu akik.

4. Dapat Terhindar Dari Musibah.
Pada zaman dahulu orang-orang Arab dan Persia memakai cincin batu akik di jari manis mereka. Uniknya batu akik tersebut diukir ayat-ayat tertentu yang diambil dari Al-Qur’an dan juga simbol-simbol tertentu.
Dengan memakai cincin batu akik yang seperti itu mereka semua percaya bahwa batu itu akan menyelamatkan mereka dari bahaya. Keyakinan yang seperti itu bahkan masih ada hingga kini. Masih banyak orang-orang yang percaya bahwa batu akik bisa menghindarkan seseorang dari musibah.

5. Dapat Melindungi Bayi dalam Kandungan.
Warna batu akik yang berbeda-beda tampaknya memiliki hubungan dengan berbagai sifat fisik dan mental manusia. Sehingga setiap orang akan memilih jenis-jenis tertentu dari batu akik sesuai dengan kebutuhan mereka.
Yang unik adalah bahwa ada mitos yang mengatakan jika batu akik dianggap membawa hoki jika dipakai wanita hamil. Berdasarkan kepercayaan yang beredar, dengan kesaktian yang dimilikinya batu akik bisa melindungi ibu dan bayi yang sedang dikandungnya.

Itulah 5 Mitos mengenai batu akik yang menjamur dan menyebar di kalangan pencinta batu akik setanah air, pesan penulis adalah jgn terlalu percaya mengenai sesuatu yang datang dari bumi, tapi percayalah akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

You Might Also Like

0 komentar