Gelang Batu Tertua di Dunia

By 4:30 AM

Sebuah potongan batu yang diyakini sebagai gelang purba dari zaman prasejarah ditemukan di Siberia. Gelang itu ditaksir ada sejak 40.000 tahun sebelum masehi.

Gelang Batu yang di sinyalir berumur 40000 Tahun


Gelang tersebut ditemukan secara tak sengaja di kawasan Altai. Di sana memang tengah dilakukan penggalian benda bersejarah sejak tahun 2008.

Seperti foto yang dilansir Siberian Times, gelang itu berwarna hijau dan mempunyai permukaan halus. Gelang itu mempunyai lubang untuk mengaitkan benda logam.

Gelang itu mempunyai lebar 2,7 cm dan ketebalan 0,9 cm. Diperkirakan diameternya mencapat 7cm.

Para ahli di Rusia mengatakan permukaan gelang yang halus berbentuk sempurna, memprediksi peradaban masa lalu sudah lebih maju dari saat ini.

"Gelang ini sangat menakjubkan. Di bawah sinar matahari, gelang ini memancarkan cahaya cerah. Jika malam hari dan disinari dengan api, terlihat warna hijau yang menawan," kata Anatoly Derevyanko, Direktur Institut Arkeologi dan Etnografi di Novosibirsk.

Gelang itu ditemukan di dalam Gua Denisova di Pegunungan Altai. Di sana banyak penemuan paleontologis zaman denisovans. Sebelumnya ditemukan tulang homo altaiensis. Jenis spesies manusia berpikir yang mempunyai genetik dari Neanderthal dan manusia modern.

Saat ini gelang itu disimpan di Museum Sejarah dan Kebudayaan Rakyat Siberia di Novosibirsk. Kepala Museum itu, Irina Salnikova mengatakan gelang itu diprediksi mempunyai kekuatan sihir. Namun ini hanya prediksi tak berdasar.

"Semua perhiasan memiliki makna magis bagi orang-orang kuno, bahkan bagi kita. Meskipun kita tidak selalu melihatnya. Gelang dan perhiasan di leher melindungi orang dari roh-roh jahat," kata dia. (Siberian Times)

You Might Also Like

0 komentar